KOREAN DRAMA RECOMMENDATION FOR QUARANTINE BINGE WATCHING [MUST WATCH]

     

    Sebagian besar warga Indonesia pasti udah ga asing lagi sama yang namanya drama korea. Ya, serial tontonan yang diproduksi oleh Negara Ginseng ini sangat punya market tersendiri di Indonesia. Bukan hanya rupa dari aktris dan aktornya yang rupawan, namun juga detail, alur, dan konten cerita yang tidak bisa dianggap kaleng- kaleng ya peeps. 
       
      Mulai dari serial romansa, detektif, polisi, hukum, jaksa, kedokteran dan medis, komedi, jurnalistik, sampai kekeluargaan yang membuat penonton betah berlama-lama di depan layar bahkan sampai rela menunggu rilis setiap episodenya. 
        
      Dulu jujur aja, gue juga meragukan kualitas konten cerita drama korea. Kirain menye-menye gitu wkwkwk, eh taunya pas pertama kali nonton drakor, "gila bagus banget, ganyangka gue itu produksi korea." Begitulah kira-kira first impression gue ke drakor. 

      Karena ketagihan, akhirnya lama-lama jadi binge watching. Sejak SMA kelas 11 (2 SMA) gue selalu ngulik drakor tiap ada kesempatan nonton. Dulu sih modal minta dari flashdisk teman sekelas yang fanatik korea ya, kalau sekarang kan udah ada banyak platform nonton. 

        Apalagi pas PSBB gini, semua film ditayangkan lewat online platform ya. Sayang ajasih kalau ga nonton. Nah buat lo yang bingung, mau nonton apa dan kenapa harus nonton serial ini, baca deh sampai habis ulasan gue. Happy reading!

1) The King: Eternal Monarch
Pemain utama dari seria ini ialah Lee Min Ho dan Kim Go Eun. Semoga ga salah ya nulis namanya. Drama ini ceritanya mengenai dunia paralel (The Kingdom of Corea)  dan dunia republik (Repulic of Corea). 

Lee Min Ho merupakan raja dari Kerajaan Korea yang harus masuk ke dunia republik dimana Kim Go Eun hidup karena sebuah alasan. Alur ceritanya agak memusingkan, soalnya kita bakal dibawa bolak-balik dari masa depan ke masa lalu begitupun sebaliknya. 

Menurut gue, konten ceritanya tidak terlalu berat dan sifatnya fantasi. Karena gue orangnya realistis, jadi ga terlalu greget dengan jalan ceritanya. Cuma, kenapa serial ini gue rekomendasikan, karena yang mereka jual disini ialah karakter pemainnya yang amat sangat kuat. Kalau lo mau ngelihat Lee Min Ho dari sisi lain yang beda dari perannya kebanyakan, it's the time. 

Ini itu tipe drama yang buat kita kesemsem sendiri, alias masih ngingat-ngingat karakternya pemain daripada sisi ceritanya sendiri. Lalu, apakah berarti ceritanya biasa aja? Engga juga, balik lagi kaya yg gue bilang yang dijual disini ialah karakter dan visualisasi pemain bukan konten ceritanya. 

Kalau masih ragu, coba aja nonton satu episode dulu, kalau ternyata ga buat penasaran, mungkin emang genre lo bukan ini. Tapi kalau udah penasaran di akhir episode satu, mantapkan hati dan pikiran buat tamatin seluruh episodenya ya gengs!

2) Tell Me What You Saw
Agak melompat dari genre romansa, kali ini gue ngasih rekomendasi serial kriminal, polisi, kejahatan, dan detektif. Ceritanya berkisah tentang seorang polisi wanita yang pengen banget masuk RIU (Kepolisian Nasional Republik Korea) karena motivasinya yang pengen mengungkap pelaku tabrak lari ibunya 20 tahun silam.

Masalahnya, dia bukan orang yang pintar dan cekatan, malah cenderung ceroboh. Tapi, dia sangat bisa diandalkan secara kekuatan fisik. Terlebih lagi, satu keistimewaannya adalah dia bisa ingat kejadian yang sudah berlalu secara detail dengan  melihat TKP, foto, atau ingatannya. Hal inilah yang jadi dasar cerita.

Punya alur yang plot twist, bikin yang nonton punya reaksi, "hah, hah, kok bisa, kok dia sih?" Tim RIU punya tugas dan ambisi buat tangkap pelaku pembunuhan berantai yang jejaknya ga bisa dilacak, tindak-tanduknya ga terduga, rapi dalam eksekusi, membuat korban makin banyak berjatuhan. 

Dengan kemampuan ingatan Polisi Wanita tadi, mereka bergabung buat menangkap dan mengadili si pelaku. Terus apa hubungannya pelaku tabrak lari dengan pembunuh berantai? Sekarang waktunya lo cari tau, asli ga bakal nyesal nontonnya. Pace alurnya cepat dan ga bikin ngantuk. 

3) Hyena
Kalau serial yang satu ini, berkisah tentang kehidupan pengacara kondang nan elit vs pengacara yang biasa aja bahkan terkesan mengenaskan. Mulai dari dekorasi kantor, prestise, bayaran, dan cara kerja semuanya berbanding terbalik. Nah, menariknya mereka terpaksa bekerja sama setelah sebelumnya bersaing dalam kasus sebelumnya. 

Pengacara yang mengenaskan ini, punya seribu akal dan cerdas dalam melihat peluang dari setiap kasus. Yang ada dalam pikirannya ialah uang dan kekayaan saja. Disitulah, alur cerita dimulai.. Dia bisa menipu dan mendapatkan barang bukti dengan kelihaiannya. Mau tau apa kelihaiannya? 

Alurnya punya pace time yang cepat, ga berbelit-belit dan bertele-tele. Ost-nya enak-enak bikin semangat baru, komedi dan kecerdasan alurnya gabisa dibilang kaleng-kaleng. Wah, sayang banget kalau ga ditonton. Di episode pertama aja udah buat penasaran sampai gue bisa selesaikan 16 episode dalam waktu 2,5 hari. Gila ga tuh? ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Nah, tiga judul drama di atas merupakan rekomendasi yang paling gue rekomendasikan. Mantap banget deh. Semoga menambah referensi lo ya! Stay safe and healthy yah peepss.

Comments